About

172B954B-2A67-4BE8-9B75-8A528DE083F0

Hello, saya Matatita a.k.a Suluhpratita. Mulai ngeblog tahun 2005 dan sejak itu punya banyak blog gratisan maupun berbayar yang saya bikin sendiri. Sebagian blog itu sudah mati karena providernya kukut, sebagian lupa passwordnya, dan sebagian kecil masih eksis hingga saat ini, meski jarang di-update isinya.

Travel blog saya yang sudah menghasilkan buku adalah MATATITA.COM. Dari blog itu lahir buku TALES From the ROAD (2009), EUROTRIP (2010), dan UKTRIP (2011). Saya juga punya travel blog khusus tentang Eurotrip yaitu EUROTRIP-MATATITA.COM. Karena saya juga suka jalan bareng suami dan anak, maka cerita perjalanannya saya tulis di blog lain yaitu FAMILY-TRAVELOG.COM. Oiya saya juga mendapat undangan untuk ngeblog di INDONESIANA.TEMPO.CO. Jadi jangan heran jika menemukan tulisan yang sama di blog-blog saya lainnya ya.

Tentang travelblog PASPOR MERAH PUTIH ini lahir dalam rangka merayakan paspor ke-4 saya yang halamannya penuh meski masa berlakunya masih setahun lagi. Masa berlaku paspor saya tanggal 1 Agustus 2013 – 1 Agustus 2018. Tapi di bulan Juli 2017,  saat saya traveling ke Eropa dan Kamboja, halaman 47 paspor sudah berisi sejumlah stempel imigrasi. Tak ada lagi halaman kosong yang tersisa. Artinya, mau nggak mau saya harus mengganti paspor meski masa berlakunya masih setahun lagi. Meski masih ada sejumlah Visa yang berlaku di paspor itu (Visa Schengen, VISA UK, dan Visa USA).

“Istimewa,” begitu komentar petugas kantor imigrasi saat saya mengajukan penggantian paspor. “Jarang-jarang yang ganti paspor karena halaman penuh,” tambahnya lagi bikin hati saya mongkok.

Jadi, boleh dong saya sedikit berbangga (atau sombong?) dan kemudian ingin menghadiahi atas prestasi saya memenuhi buku paspor selama 4 tahun itu dengan bikin travelblog baru? Biar alasan ini lebih masuk akal, maka saya buatlah travelblog dengan menggunakan nama yang mengandung unsur kata Paspor. Kenapa namanya Paspor Merah Putih? Ya sekedar kata lain dari Paspor Indonesia aja sih.

Akhirnya, selamat menjelajah dunia bersama Paspor Merah Putih.

 

Salam dari Jogja,

Matatita Suluhpratita

e: eurotrip@matatita.com | wa: +62818258438

 

Advertisements